Kegalauan Programer & Software Engineer di tengah trend booming AI, Machine Learning & Data Mining

Tersebutlah seorang programer yang telah tiga tahun bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods. Seluruh tugas yang diberikan selalu dikerjakan dengan baik olehnya. Ini terlihat dari sistem informasi dan aplikasi yang dikembangkan perusahaan beroperasi dengan baik dan nyaman digunakan oleh penggunanya.

Di awal tahun 2017 perusahaan menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 25%. Alhasil divisi marketing dan produksi dikenakan beban kerja dan target yang cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu divisi TI diminta turut mendukung divisi marketing & produksi agar bisa mencapai target tersebut secara efektif, efisien dan tepat sasaran.

Kemudian dilakukanlah rapat internal antara divisi marketing, produksi dan TI guna membahas rencana strategis untuk mencapai target yang dicanangkan. Setelah kedua divisi tersebut memaparkan rencana masing-masing, kini giliran divisi TI diminta untuk mengutarakan strategi yang akan dilakukan. Kepala divisi TI mengemukakan bahwa saat ini teknologi yang sedang booming yaitu Artificial Intelligence terutama Machine Learning & Data Mining. Dengan Data Mining, kepala divisi menambahkan, perusahaan akan bisa menentukan rekomendasi produk-produk yang tepat buat konsumen dengan tingkat kemungkinan berhasil laku/terjual lebih tinggi, lebih banyak dan lebih cepat dibanding produk-produk lain. Selain itu Data Mining akan membantu dalam melakukan rating produk, memprediksi musim-musim produk yang mengalami penjualan tinggi dan rendah, dst.

Mendengar penjelasan kepala divisi TI tersebut membuat divisi produksi dan pemasaran sangat antusias dan optimis. Alhasil, disepakati bahwa divisi TI akan mengembangkan model dan tools pendukung untuk penerapan Data Mining tersebut. Dalam kasus ini tentu saja si programer memiliki tugas baru yaitu mengimplementasikannya pada sistem dan aplikasi yang telah ada saat ini.

Akan tetapi programer ini sedikit galau karena menyadari masih sangat awam dengan Data Mining. Dulu dia pernah dengar dan baca-baca sih, tetapi tidak terlalu diseriusi karena kebutuhan pekerjaannya selama ini hanyalah mengembangkan aplikasi sesuai permintaan perusahaan. Di sisi lain waktu dia dulu sempat coba belajar sendiri malah bingung harus mulai dari mana. Statistika dulu, matematika dulu atau algoritma-algoritma machine learning dulu.
Namun, karena si programer ini selalu berpikiran positif maka dengan tugas baru ini membuatnya tertantang dan mesti belajar cepat, karena tuntutan perusahaan yang mengharuskan bisa diimplementasikan dalam tahun ini juga.

Si programer juga semakin menyadari bahwa ternyata saat ini skill sebagai programer atau software engineer tidak lagi cukup untuk bersaing di dunia kerja. Karena tuntutan saat ini selain memiliki skill programming yang mumpuni juga harus ditambah dengan kemampuan menguasai Machine Learning & Data Mining.

Secara tidak sengaja programer tersebut membaca posting di Facebook temannya yang menyelenggarakan workshop Machine Learning & Data Mining for Software Engineer selama 3 hari. Wah, pas dan cocok sekali nih dengan yang saya butuhkan, gumam si programer sumringah. Si programer ini semakin bersemangat ketika melihat pematerinya pemegang gelar Master of Science di bidang Artificial Intelligence dari University of Amsterdam Belanda, sekaligus Data Scientist Salestock yang terkenal itu…
Kemudian dia lihat harganya ternyata sangat terjangkau yaitu 1,5 juta rupiah. Bahkan pendaftaran dan pembayaran sebelum 29 Juli 2017 mendapatkan potongan 225 ribu, jadi cuma bayar 1,275 juta doang…
Tanpa pikir panjang, si programer langsung mendaftarkan dirinya untuk mengikuti workshop tersebut yang diselenggarakan oleh ITTC Universitas Ahmad Dahlan selama 3 hari dari tanggal 4-6 Agustus 2017.

——

Apakah kamu juga sedang mengalami/menyadari hal yang sama dengan si programer di atas?
Jika ya, ayo saatnya mengupgrade skill kamu, langsung saja mendaftar workshop ini dengan mendaftar melalui tautan ini http://bitly.com/mldmuad17.

Informasi dan pendaftaran hubungi nomor 081 7910 3604.

Sampai jumpa di tempat workshop ya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *